membedakan antara kebajikan dan dosa

sedikit mungkin jd renungan ... Seorang sahabat Nabi saw yang bernama Wabishah ra datang dengan menyimpan pertanyaan di dalam hatinya tentang bagaimanakah cara membedakan antara kebajikan dan dosa. Sebelum Wabishah bertanya, cermin hati Nabi saw telah menangkap isi hatinya. " Wahai Wabishah, mau aku jawab langsung atau engkau utarakan pertanyaanmu terlebih dahulu?" Wabishah menjawab," Jawab langsung saja, wahai Rasulullah."

Beliau bersabda," Engkau datang untuk bertanya bagaimana membedakan antara kebajikan dan dosa." Wabishah berkata," Benar." Beliau saw merapatkan jari-jarinya dan menempelkannya pada dada Wabishah, seraya bersabda,“ Mintalah pendapat pada hatimu dan mintalah pendapat pada jiwamu, mintalah pendapat pada hatimu dan mintalah pendapat pada jiwamu, wahai Wabishah. Sesuatu itu adalah kebaikan bila ia membuat hati tenteram, membuat jiwa tenteram, sedangkan dosa membuat kegelisah dalam hati dan kegoncangan dalam dada.

(Mintalah pendapat pada hatimu dan mintalah pendapat pada jiwamu), meskipun orang-orang telah memberikan pendapat mereka kepadamu tentang hal itu.” ( HR.al-Darimi dari Wabishah ra ) ..

0 comments:

Posting Komentar